DKP Prov. Jateng

Berita

SOSIALISASI PERIZINAN TERPADU MENJADI KEWENANGAN PROVINSI (KAPAL PERIKANAN UKURAN ≤ 30 GT)


13 April 2021 pukul 14:13


SOSIALISASI PERIZINAN TERPADU MENJADI KEWENANGAN PROVINSI (KAPAL PERIKANAN UKURAN ≤ 30 GT)

Pada hari kamis, 8 April 2021 telah diadakan kegiatan Sosialisasi Perizinan Terpadu Menjadi Kewenangan Provinsi (Kapal Perikanan Ukuran ≤ 30 Gt)  yang diselenggakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah bertempat di Kantor Pelabuhan Perikanan Pantai Wonokerto Kabupaten Pekalongan Ds Tratebang Kecamatan Wonokerto Kab. Pekalongan.

Hadir sebagai narasumber dari DKP Provinsi Jawa Tengah, KSOP Kelas IV Kota Tegal, dan DMPTSP Provinsi Jawa Tengah. Peserta berasal dari ketua HSNI Kab. Pekalongan, pengurus TPI Wonokerto, Kepala Kelurahan setempat, Ketua KUB nelayan, serta nelayan di wilayah Kab. Pekalongan. Tidak lupa acara ini tetap menerapkan protocol kesehatan.

Acara sosialisasi ini merupakan serangkaian dari kegiatan Gerai Pelayanan Perizinan Terpadu. Dalam kegiatan ini dibahas mengenai ketertiban dokumen kapal perikanan yang harus dipatuhi oleh para nelayan. Untuk kewenangan KSOP Kelas IV Kota Tegal meliputi Surat Keterangan Ukur dan Pas Kecil bagi kapal dengan ukuran <7 GT, sedangkan untuk kapal dengan ukuran >7 GT harus dilengkapi dengan dokumen Surat Ukur, Pas Besar, Gross Akta, dan Surat Kelaikan Kapal. Dokumen yang berada dibawah kewenangan DMPTSP Provinsi Jawa Tengah yaitu SIUP (Surat Izin Usaha Perikanan) dan SIPI ( Surat Izin Penangkapan Ikan). DKP Provinsi Jawa Tengah mengurusi dokumen kapal dengan ukuran ≤ 30 Gt, meliputi Rekomendasi Kapal Perikanan, TDKP, ANDON, dan BKP.

Pada saat sekarang ini untuk proses perizinan menggunakan aplikasi (online) dengan harapan semua orang dapat mengakses dan memantau serta mempermudah para nelayan dalam membuat dokumen. Seperti dalam pembuatan SIUP maka dipergunakan aplikasi OSS dimana nelayan dapat mencetak sendiri dokumen SIUP mereka. Sedangkan DKP Provinsi Jawa Tengah juga menerapkan proses online menggunakan aplikasi e service dkp prov jateng yang didalamnya terdapat banyak menu untuk pengurusan masing-masing dokumen kapal perikanan yang dibawah kewenangan DKP Provinsi Jawa Tengah.

Dalam kesempatan ini pula diajarkan kepada para peserta bagaimana alur serta tahapan apa saja yang dilakukan ketika melakukan pengurusan dokumen kapal perikanan secara online. Diharapkan dengan adanya kegiatan sosialisasi ini dapat menambah wawasan serta kesadaran nelayan khususnya di wilayah Kab. Pekalongan untuk mengurus dokumen kapal perikanan.