DKP Prov. Jateng

Berita

GERAI PELAYANAN PERIZINAN TERPADU DI PPP WONOKERTO


13 April 2021 pukul 14:17


GERAI PELAYANAN PERIZINAN TERPADU DI PPP WONOKERTO

Pada hari Kamis – Jumat, 8-9 April 2021 Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Gerai Pelayanan Perizinan Terpadu di kantor Pelabuhan Perikanan Pantai Wonokerto Ds. Tratebang Kec. Wonokerto Kab. Pekalongan. Mengingat Gerai pelayanan perizinan ini bersifat terpadu, maka dalam kegiatan ini selain dihadiri DKP Provinsi Jawa Tengah, kegiatan ini dihadiri pula oleh KSOP (Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan) Kelas IV Kota Tegal, DMPTSP (Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu) Provinsi Jawa Tengah, dan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pekalongan.

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah dalam rangka meningkatkan pelayanan perizinan kapal perikanan dibawah kewewenangan DKP Provinsi Jawa Tengah (≤ 30 GT) yang mudah, murah, dan cepat. Dokumen yang dapat dilayani yaitu penerbitan Pas Kecil Baru dan Endorsment Pas Kecil serta penerbitan TDKP (Tanda Daftar Kapal Perikanan).

Banyak nelayan yang memanfaatkan kesempatan ini, dimana tercatat terdapat sebanyak 9 kapal yang melakukan cek fisik kapal baru, 71 kapal mengurus TDKP. Mengingat banyak kapal PPP Wonokerto didominasi oleh kapal berukuran kecil (<5 GT) maka nelayan hanya mengurus dokumen hanya sampai TDKP saja.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kepemilikan dokumen kapal oleh nelayan di wilayah Kabupaten Pekalongan.