DKP Prov. Jateng

Berita

HARI IKAN NASIONAL KE 8 (21 NOVEMBER 2021)


21 November 2021 pukul 15:50


HARI IKAN NASIONAL KE 8 (21 NOVEMBER 2021)

Dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke 8, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah mengadakan rangkaian acara seperti Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) untuk pencegahan stunting di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah, Diversifikasi Olahan Hasil Perikanan (Praktek Mengolah Olahan Ikan berupa Gyoza Ikan) via live IG @dkpjateng) pada tanggal 21 November 2021, dan Puncak Harkannas pada tanggal 25 November 2021 dengan mengadakan pelatihan Diversifikasi Olahan Hasil Perikanan (Praktek Pembuatan Bandeng Cabut Duri) dengan peserta berasal dari pengolah dan pemasar di Kota Semarang.

Ikan mengandung banyak kandungan gizi esensial yang sangat bermanfaat. Pada setiapekor ikan terkandung berbagai macam mineral, vitamin, protein dan asam lemak yang sangat bermanfaat untuk kesehatan serta membantu perkembangan otak dan kecerdasan.

Salah satu faktor Rendahnya Angka Konsumsi Ikan di Jawa Tengah, adalah limpahan sumberdaya ikan di Jawa Tengah yang belum dimanfaatkan secara optimal.

Upaya mengatasi AKI yang rendah yaitu dengan adanya Gemarikan, untuk membangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat agar gemar mengkonsumsi ikan.

Harkannastahun 2021 mengusung tema yaitu “Ikan untuk Generasi Tangguh dan Unggul”, Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) menambahkan, tema tersebut sengaja dipilih dengan harapan bahwa ikan dapat menjadi sumber protein utama  dan asam lemak Omega 3 dalam peningkatan kualitas generasi penerus, tidak hanya untuk Bangsa Indonesia, tapi juga untuk seluruh dunia.