DKP Prov. Jateng

Berita

PENCABUTAN PATOK BAMBU SECARA SWADAYA OLEH PEMBUDIDAYA KERANG (KONFLIK TELUK KALI WULAN)


08 Oktober 2019 pukul 09:54


PENCABUTAN PATOK BAMBU SECARA SWADAYA OLEH PEMBUDIDAYA KERANG (KONFLIK TELUK KALI WULAN)

Konflik Nelayan Wangkong dan nelayan Budidaya

 

berawal dari adanya pematokan bambu dan penjarahan kerang Pada Tanggal 14 November 2018 terjadi Berita Acara Kesepakatan Pemanfaatan Perairan Laut di Kecamatan Wedung Kabupaten Demak. Konflik nelayan wangkong (Set Nett) dan pembudidaya kerang terjadi karena terjadi pematokan laut di Teluk Kali Wulan Kecamatan Wedung. Koordinasi dan mediasi di Kabupaten Demak serta berkoordinasi dengan istansi terkait maka di dapatlah hasil pembentukan forkompinca dan POKMASWAS Rukun Makmur  yang beranggota dari pembudidaya kerang dan nelayan Untuk pengelolaan Teluk Kali Wulan.

Pada hari Rabu tanggal  Dua Bulan Oktober Tahun Dua ribu sembilan belas (02-10-2019) jam 11.00 WIB bertempat di  Demak,  nelayan dan Pembudidaya Kerang Bersepakat dalam pengelolaan ruang laut di Teluk Wulan  sebagai berikut :

 

  1. Pembudidaya akan segera mencabut patok bambu yang berada di wilayah perairan teluk wulan secara swadaya dan mengganti batas area budidaya kerang dengan anjir;
  2. Nelayan tidak akan melakukan penjarahan / pengambilan terhadap kerang yang telah dibudidayakan di perairan teluk wulan.
  3. Pembudidaya dalam kegiatan pemanenan kerang tidak akan menggunakan alat penangapan ikan jenis garuk ( sesuai PERMEN-KP Nomor 71 tahun 2016 tentang Penempatan Alat Penangkapan Ikan di WPPNRI);
  4. Nelayan janjang tidak akan melakukan penangkapan ikan dengan mengaduk perairan dengan kipas mesin perahu, agar tidak merusak ekosistem dan kerang di perairan tersebut.
  5. Pihak – pihak yang dikemudian hari melakukan pelanggaran ini akan dikenakan sanksi sesuai perundang-undangan yang berlaku.
  6. Segera dibentuk Kelompok Mayarakat Pengawas (POKMASWAS) yang terdiri dari unsur Pembudidaya dan nelayan sebagai forum komunikasi, koordinasi dan kerjasama dalam pengelolaan perairan sekitar Teluk Wulan yang berkelanjutan.

 

Dengan kesapakatan ini Pembudidaya Kerang bersedia mencabut patok bambu secara swadaya Berikut isi Berita acara Pencabutan Swadaya. 

Pada Hari ini, Kamis tanggal Tiga bulan Oktober tahun Dua Ribu Sembilan Belas (3 – Oktober - 2019) Berdasarkan surat Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah nomor 523/4643 tentang Teguran II (Dua) Pencabutan Batas Patok Bambu Pembudidaya Kerang di Teluk Kali Wulan  Kecamatan Wedung Kabupaten Demak. Kami pembudidaya kerang telah melaksanakan pencabutan bambu batas budidaya kerang sesuai dengan arahan surat tersebut secara swadaya,  yang disaksikan oleh Satpolair Demak, Polsek Wedung  Dinas Kelautan Perikanan Provinsi Jawa Tengah, Cabang Dinas Kelautan Wilayah Timur, Dinas Kelautan Kabupaten Demak,  Camat Wedung, Kepala Desa Bungo, Kepala Desa Berahan Wetan, Kepala Desa Berahan Kulon  dan Pembudidaya Kerang